Pasar Keuangan


A. Pengertian Pasar keuangan
   Pasar keuangan adalah pasar yang menyediakan produk keuangan baik berupa aktiva fisik surat berharga atau valuta asing.
Dalam praktinya jenis-jenis pasar keuangan yang ada antara lain, yaitu:
1. Pasar Modal (capital market), merupakan pasar diperjual belikannya modal jangka panjang dalam bentuk surat berharga seperti obligasi dan saham.
2. Pasar Uang (money market), merupakan pasar diperjualbelikannya modal jangka pendek dalam bentuk surat berharga, seperti deposito berjangka, wesel, atau promes dimana jangka waktunya kurang dari satu tahun.
3. Pasar valuta asing (forieght exchange market), yaitu pasar yang melakukan kegiatan transaksi valuta asing (mata uang asing), baik spot transaction, forward transaction, dan swap transaction.
4. Pasar kredit konsumen (consumer credit market), yaitu pasar yang melayani pembiayaan pinjaman untuk pembiayaan konsumen atas produk tertentu baik barang maupun jasa, seperti pembeliaan mobil, motor, perlengkapan rumah tangga, pendidikan, dan liburan.
5. Pasar hipotek (mortgage market), yaitu pasar yang melayani pinjaman untuk lahan real estate/perumahan, komersial, industri, dan pertanian.
6. Pasar komoditas (future market), yaitu pasar yang melakukan kegiatan jual beli komoditas tertentu seperti produk pertanian.

B. Tujuan Pasar Keuangan.
Tujuan pasar keuangan dibagi kedalam 3 kepentingan:
1. Bagi pihak yang pembeli (pihak yang membutuhkan dana)
2. Bagi pihak yang kelebihan dana atau penjual.
3. Bagi badan perantara keuangan atau lembaga keuangan.
Selanjutnya tujuan pasar keuangan bagi pihak yang kelebihan dana (penjual):
a)  Dalam jangka pendek
• Mencari keuntungan dari suku bunga yang ditawarkan kepada pembeli dan biaya lain yang dibebankannya.
• Membantu perusahaan atau individu yang membutuhkan dana agar membiayai usahanya.
b) Dalam jangka panjang
• Khusus bagi perusahaan yang memilikim emisi dibursa saham adalah untuk memperoleh dana (modal) guna melakukan investasi baru perluasan usaha.
• Membagi kepemilikan agar saham perusahaan juga dapat dinikmati masyarakat umum.
Tujuan pasar keuangan bagi lembaga prantara keuangan (lembaga keuangan), yaitu:
1. Memperoleh keuntungan dari selisih bunga dari bunga yang diberikan kepada pihak yang menyimpan uang dengan bunga yang dibebankan kepada peminjam (debitur) dalam bentuk kredit.
2. Keuntungan dari biaya yang dibebankan ke nasabah atas jasa keuangan yang diperolehnya. Keuntungan dari biaya ini dikenal dengan nama fee based.

C. Lembaga keuangan
   Pengertian pelantara keuangan adalah institusi keuangan yang menerima uang menerima dari penabung dan menggunakan dana tersebut untuk memberi pinjaman maupun melalukan investasi lain.
Berikut beberapa lembaga keuangan yang ada di indonesia:
1. Perbankan
2. Bursa efek
3. Asuransi
4. Dana pensiun

D. Suku bunga dan biaya modal
   Dalam peraktiknya terutama di dunia perbankan (bunga simpanan dan kredit), oligasi atau saham yang di tawarkan ada 2 macam yaitu:
1. Suku bunga yang di tawarkan bagi penyimpan, yaiyu kepada pemegang rekening giro, tabungan, dan deposito.
2. Bunga yang di tawarkan terhadap pinjaman atau kredit.

E. Pengenaan pajak
   Pengasilan perusahaan yang terkena pajak merupakan hasil pengurangan penghasilan terhadap seluruh biaya yang di keluarkan perusahaan, termasuk penyusutan dan biaya bunga.

F. Pasar uang dan pasar modal
   Pasar modal, mrupakan pasar bagi instrumen keuangan jangka panjang baik yang di keluarkan oleh pemerintah maupun oleh perusahaan swata seperti saham dan obligasi. Dalam pasar modal dikenal dua macam pasar, yaitu pasar primer dan pasar sekunder. Pasar primer, pasar dimana sekuritas baru dijual dan dibeli pertama kali. Pada saat dipasar primer terjadi transaksi antara emiten (perusahaan yang menjual surat berharga) dengan investor (lembaga atau individu yang memebeli surat berharga yang ditawarkan). Pasar sekunder merupakan pasar setelah berakhirnya pasar primer dan merupakan pasar bagi sekuritas lama (transaksi terjadi antara investor).
Previous
Next Post »
Orang bijak itu selalu meninggalkan jejak