Makalah Perancangan Situs Web dalam E-commerce


www.unsera.ac.id

DI SUSUN OLEH :
Moh. Kholil (31214161)
Eva Nuraeni (31214320)
Gina khoer (31214392)
Nia Mitha Rahmawati (31214116)
Reni melani (31214083)
Safyani Misfauza (31214250)


KELAS : MANAJEMEN A1 / R1 / 5
PROGRAM S1 MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS SERANG RAYA


KATA PENGANTAR
            Puji dan syukur  kehadirat Allah swt. yang telah memberikan  kekuatan dan keteguhan hati kepada kami untuk menyelesaikan makalah  ini. Sholawat beserta salam semoga senantiasa tercurah limpahan kepada nabi Muhammad saw. yang menjadi tauladan  para umat manusia.
Kami menulis makalah ini bertujuan untuk mempelajari dan mengetahui ilmu tentang pemasaran online (E-commerce) yang diberikan oleh dosen mengenai perancangan situs web untuk perdaganan elektronik.
Dalam penyelesaian makalah ini, penulis banyak mengalami kesulitan, terutama disebabkan kurangnya ilmu pengtahuan. Namun, berkat kerjasama  dan kesungguhan dalam menyelesaikan makalah ini, akhirnya dapat diselesaikan.
            Kami menyadari, sebagai seorang mahasiswa yang pengetahuannya tidak seberapa yang masih perlu belajar dalam  penulisan makalah, bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang positif demi terciptanya makalah yang lebih baik lagi, serta berdaya guna di masa yang akan datang.

       Serang, 21 Desember 2016

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………..
BAB 1 PENDAHULUAN ……………………………………………………………….
1.1LATAR BELAKANG ……………………………………………………………….
1.2RUMUSAN MASALAH …………………………………………………………….
1.3TUJUAN PENULISAN ……………………………………………………………..
BAB II PEMBAHASAN …………………………………………………………………
2.1 PERIZINAN BISNIS ONLINE …………………………………………………….
2.2 SERVER BASISDATA YANG DAPAT DITEMBUS PARA HACKER …………
2.3 MENGEMBANGKAN SITUS WEB SENDIRI ATAU MEMINTA PIHAK LAIN MENGEMBANGKANNYA (OUTSOURCING) ……………………………………….
2.4 PERANCANGAN SITUS  YANG  AMAN  YANG  BERKAITAN  DENGAN KODE HTML …………………………………………………………………………………….
2.5 KODE JAVA, JAVA SCRIPT, dan ACTIVEX ……………………………………..
BAB III PENUTUP ………………………………………………………………………
3.1KESIMPULAN …………………………………………………………………..
3.2 SARAN ………………………………………………………………………….


DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………….
BAB I
PENDAHULUAN

1.1LATAR BELAKANG 
Persaingan bisnis yang makin ketat, dan semakin singkatnya siklus hidup produk dan jasa yang ditawarkan, serta semakin tingginya tuntutan konsumen terhadap produk dan jasa yang ditawarkan, maka perusahaan berusaha mencapai terobosan baru untuk mengantisipasi perubahaan. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi kini hampir semua aktivitas organisasi telah menggunakan aplikasi dan otomatisasi teknologi informasi dan cenderung mengarah pada upaya menggantikan sebagian aktivitas manajemen operasional dan manajemen tingkat menengah alat bantu seperti E-mail, Voice mail , Internet, Video Conferecing, Electronik, Telephone Celluler, dan berbagai teknologi informasi lainnya kini semakin banyak digunakan.
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 miliar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
Langkah awal bagi penjual atau pebisnis yang akan memulai bisnis melalui intenet daalah harus mempertimbangkan betul apakah memang produk yang ditawarkan atau dijual memang perlu untuk dijual melalui intenet? perlu diperhitungkan juga siapa kira-kira konsumen yang akan menggunakan atau membeli produk yang dijual?, sehingga kita bisa memprediksi laku tidaknya produk kita ketika ditawarkan melalui internet. Langkah kedua tentunya jika ditentukan layak untuk membangun bisnis lewat intenet, harus segera dibangun web. Dalam membangun web ini kita tentukan apakah kita perlu membangun sendiri desain web-nya, apakah perlu menyediakan sendiri infrastrukturnya atau kita menyewa pada Intenet Service Provider (ISP) atau dengan mendompleng pada situs lain yang sudah memiliki pasar yang terpercaya. Hal tersebut merupakan pertimbangan utama yang harus dijalankan saat memulai membangun sebuah bsinis di internet. Para pengusaha kecil mungkin harus melihat jauh diluar ISP-nya untuk melihat solusi-solusi bisnis yang murah.
1.2  Rumusan masalah 
1.Bagaimana mengatur izin- izin dalam melakukan perdaganagn online ?
2.Apa saja server basis data yang dapat di tembus para hecker ?
3.Bagaimana cara mengembangkan sistus web sendiri atau meminta pihak lain mengembangkan ?
4.Bagaimana cara perancangan sistus yang aman berkaitan dengan HTML ?
5.Apa yang dimaksud kode java, java script, dan activex ?
1.3 Tujuan penulisan 
1.Untuk mengetahui bagaimana mengatur izin- izin dalam melakukan perdaganagn online
2.Untuk mengetahui apa saja server basis data yang dapat di tembus para hecker
3.Untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan sistus web sendiri atau meminta pihak lain mengembangkan 
4.Untuk mengetahui Bagaimana cara perancangan sistus yang aman berkaitan dengan HTML 
5.Untuk mengetahui apa yang dimaksud kode java, java script, dan activex
BAB II
PEMBAHASAN
2.1PERIZINAN BISNIS ONLINE 
•Bisnis Online Perlu Ijin Usaha?
kalau usahanya lebih banyak berada di internet, apakah perlu ijin usaha ? tentu perlu. Kenapa perlu, karena bukan lokasinya yang membuat bisnis internet perlu mengurus ijin usaha, tapi jenis usahanya.
Misalnya, kita ingin membuka bisnis online penjualan komoditi seperti kopi, kacang, dll. Jika usaha kita ini tidak berada dalam suatu organisasi dagang, jangan harap ada yang beli. Sebab, bisnis online memerlukan kepercayaan yang jauh lebih besar dibanding bisnis offline.
Kok bisa? Tentu bisa, gimana kita bersedia kirim uang kalau yang jualan tidak bisa dilihat wajahnya secara langsung ?
Maka, ijin usaha yang dikeluarkan pemerintah pun bisa dijadikan salah satu bahan untuk meraih kepercayaan calon pembeli. Sebab, dengan kita memiliki sebuah PT atau CV yang ijinnya dikeluarkan oleh pemerintah, maka usaha tersebut pasti bukan usaha asal-asalan.  Mengurus ijin usaha tidak segampang membuka usaha itu sendiri. Hal ini karena pengurusan ijin usaha memerlukan persyaratan yang lengkap, mulai dari identitas yang jelas, sumber dana yang jelas, dan banyak persyaratan lainnya.
Dalam hukum, selama peraturan bisa menjangkau sesuatu meski itu bersifat real atau cyber, tidak perlu ada pengklasifikasian khusus.
Jadi, meski bisnis kita bersifat online & belum ada peraturan yg khusus mengatur itu, tapi selama ada peraturan yg bisa menjangkaunya, kita harus ngikuti aturan itu.

Menurut ketentuan Pasal 1 huruf b UU Wajib Daftar Perusahaan, yang dimaksud dengan perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus menerus dan yang didirikan, bekerja serta berkedudukan dalam wilayah Negara Republik Indonesia, untuk tujuan memperoleh keuntungan dan atau laba
Dan dapat diasumsikan bahwa online shop kita itu salah satu jenis perusahaan yaitu perusahaan perorangan.
Berdasarkan Permendag 46/2009, setiap usaha perdagangan wajib untuk memilki SIUP. Tapi berdasarkan Pasal 4 ayat (1) huruf c, terdapat pengecualian kewajiban memiliki SIUP terhadap Perusahaan Perdagangan Mikro dengan kriteria:
a. Usaha Perseorangan atau persekutuan;
b. Kegiatan usaha diurus, dijalankan, atau dikelola oleh pemiliknya atau anggota keluarga terdekat;
c. Memiliki kekayaan bersih paling banyak 50 juta tidak termasuk tanah dan bangunan.

Tapi meski begitu, perusahaan mikro itu bisa mendaftarkan usahanya apabila memang dikehendaki (nyari legalitasnya).
Kesimpulannya, perusahaan perorangan hukumnya tidak wajib untuk mendaftarkan usaha perdagangannya jika termasuk kriteria yg disebutkan dasar hukum yang diatas.

2.2 SERVER BASISDATA YANG DAPAT DITEMBUS PARA HACKER
Sebelum kita masuk dalam inti permasalahan saya akan jelaskan terlebih dahulu bagaimana proses query terjadi ketika Anda melakukan request terhadap sebuah domain. Setidaknya ada tiga nameserver yang akan di kontak ketika Anda melakukan request domain yang Anda inginkan. Ketiga nameserver itu adalah:
•ISP Nameserver 
•Root nameserver
•Authoritative nameserver
Misal dalam contoh begini, ketika Anda menggunakan program nslookup untuk mencari ip dari domain google.com maka yang akan terjadi adalah program nslookup akan mengirimkan query ke nameserver ISP untuk meminta nomor ip dari domain google.com. Selanjutnya nameserver ISP akan meminta petunjuk kepada nameserver induk (root nameserver) untuk mencari di mana lokasi nameserver yang memegang otoriti domain google.com. Ketika sudah menemukan nameserver pemegang otoriti domain tersebut, kemudian root nameserver akan membalas query nameserver ISP dengan mengirimkan nama nameserver pemegang otoriti domain. Di sini nameserver ISP akan mengirimkan query ke nameserver pemegang otoriti domain dan nameserver pemegang otoriti akan mengirimkan nomor ip dari domain google.com ke nameserver ISP. Dan kemudian nameserver ISP akan mengiriman nomor ip ke program nslookup. 
Selanjutnya bagaimana dalam konteks penyerangan terhadap nameserver? Tentu sebelumya kita akan pelajari dulu kelemahan dari program DNS server, misal kita ambil contoh BIND. Di dalam kerjanya, BIND meng-generate multi query untuk setiap domain yang sama dalam waktu yang sama juga dan BIND ketika menerima query sama sekali tidak melakukan pengecekan terhadap IP dari peminta domain tersebut tapi hanya menggunakan transaksi IDs untuk mengautentifikasi peminta domain kecuali ketika dia telah menemukan IP domain yang di cari dia akan mengirimkan informasi tersebut ke IP tujuan (peminta IP domain). Artinya dengan melihat kelemahan ini kita bisa melakukan banyak query ke nameserver dalam satu waktu sekaligus dengan menggunakan transaksi IDs yang di random agar BIND membentuk multi query. Dan bahayanya adalah dengan kelemahan BIND ini kita bisa mengirimkan sebuah fake information (informasi palsu) ke nameserver tentang informasi dari sebuah domain yang mengakibatkan nameserver salah memberikan alamat IP dari domain tersebut. 
Kesimpulannya seorang attacker bisa membelokan alamat dari sebuah domain dengan menggunakan metode DNS Poisoning dan coba Anda bayangkan ketika nameserver di berikan fake information di nameserver yang akibatnya nameserver akan menerjemahkan bahwa domain itu adalah milik attacker/penyerang. Penyerang itu sendiri telah menyediakan program spoofing juga. Akibatnya bisa Anda perkirakan sendiri, setiap informasi yang di kirim ke domain tersebut akan masuk ke alamat attacker dan program spoofing yang terpasang telah membantu attacker untuk mendapatkan informasi penting seperti login, password bahkan mungkin data-data rahasia.
Apakah semudah itu name server bisa di manipulasi? Jawabannya tentu tidak, setidaknya ada dua model penyerangan yang bisa dilakukan. Yang pertama adalah dengan menggunakan conventional spoofing, yang kedua adalah dengan menggunkan metode birthday attack (artikel Joe Stewart, “DNS Cache Poisoning”). Lalu apa perbedaan dari kedua metode di atas? Perbedaannya terletak pada jumlah query yang di kirimkan ke nameserver. Conventional spoofing dalam melakukan penyerangan hanya mengirimkan satu informasi query ke nameserver sedangkan Birthday Attack melakukan penyerangan dengan mengirimkan beberapa ribu query agar nameserver termanipulasi ketika menjawab query tersebut dan nameserver akan mengirimkan informasi yang salah ke nameserver atau user yang merequest domain tersebut.
Coba Anda bayangkan, di sini attacker sebelumnya telah mengirimkan ribuan query dari domain yang sama ke victim nameserver (1) kemudian attacker juga mengirimkan spoofing dengan membuat replies palsu ke nameserver target (2). Yang terjadi ketika ketika ada user yang merequest domain tersebut ke nameserver korban(3), victim nameserver akan me-reply dengan alamat yang salah karena telah di poisoning oleh penyerang (4). Dalam kondisi seperti si attacker telah berhasil menghijacking owner dari domain tersebut dan memutuskan trafik ke situs sebenarnya karena informasi victim domain telah di ganti dengan IP lain.
Tingkat probabilitas (keberhasilan) antara metode spoofing cara konvensional dan birthday attack kemungkinan untuk berhasil lebih banyak di miliki oleh birthday attack tentu ini karena metode kedua mengirimkan banyak query untuk domain yang sama.
Dari informasi yang penulis baca, metode poisoning masih bisa di lakukan di BIND 8 dan 9 walaupun mungkin untuk BIND versi 9 tingkat probabilitasnya hanya 20 % dari 5000 paket/query yang di kirimkan ke victim nameserver.

Bagaimana solusi untuk mengatasi DNS poisoning?
Pertama tentu penulis menyarankan kepada Anda untuk mengganti BIND Anda ke versi 9.x (bukan 9) yang sudah mampu menangani penyerangan dengan metode ini. Atau alternatif lain Anda bisa mencoba DJBDNS buatan D.J. Bernstein (pembuat program qmail). Cara kedua adalah dengan mendisable recursive query ke nameserver dengan membuat split DNS yaitu membuat dua nameserver. Nameserver utama di gunakan untuk menangani domain name dari public domain. sedangkan nameserver kedua di yang berada di internal network bertugas sebagai cache nameserver yang bertugas menjawab query dari user yang merequest domain tersebut sehingga kalau pun di serang dengan ribuan query hal ini tidak akan meracuni informasi public domain karena sudah di tangani oleh nameserver pertama yang di lengkapi juga dengan firewall.
Di dalam konfig BIND memang ada option untuk mengatur allow-recursion untuk membatasi ip/address yang dapat mengakses nameserver, tapi perlu di ingat bahwa seorang penyerang pun bisa dengan mudah mengetahui ip mana saja yang di ijinkan untuk mengirimkan query ke nameserver. Dengan merubah source IP di query-command dengan IP yang di ijinkan untuk mengakses nameserver, penyerangan model ini akan tetap dapat di langsungkan.

2.3 MENGEMBANGKAN SITUS WEB SENDIRI ATAU MEMINTA PIHAK LAIN MENGEMBANGKANNYA (OUTSOURCING)
•Memilih Web Hosting Server
Supaya situs web yang Anda buat dapat dilihat pengunjung dari segala penjuru dunia, data situs web Anda tersebut mau tidak mau harus diletakan di sebuah web hosting server yang tersambung ke Internet 24 jam setiap hari. “web hosting server mana yang ingin saya gunakan untuk menempatkan data situs web yang saya miliki ?”
Komputer atau server tersebut dapat berupa komputer di rumah, kantor atau di service web hosting yang banyak bertaburan di Internet. Dan apapun yang Anda pilih, selalu ada sisi lebih dan sisi kurang yang harus dipertimbangkan baik-baik. Saat ini ada banyak perusahaan yang menyediakan tempat gratis untuk menempatkan situs web Anda misalnya Portland, Geocities, Tripod dll. Persoalannya sekarang adalah: Anda harus memilih yang mana? Yang gratis atau yang bayar? Apakah harus memilih tempat yang gratis tersebut atau menyewa tempat di suatu perusahaan web hosting?. Semua pilihan akhirnya kembali harus Anda yang memutuskan. Sebagai satu pertimbangan terpenting adalah seberapa serius Anda membuat situs web tersebut. Jika hanya main-main, mencoba-coba membuat situs web sederhana tentu hosting yang gratis harus Anda jadikan pilihan. Tetapi jika Anda ingin serius membangun sebuah situs web dengan berbagai macam aplikasi dan kebutuhan-kebutuhan yang tidak tersedia oleh layanan web hosting yang gratis maka yang Anda harus pilih adalah jasa web hosting dan web design profesional.
•Web Hosting Gratis
Jika Anda ingin membuat sebuah web pages yang kecil dan sangat sederhana serta tidak memerlukan nama domain khusus, sebaiknya pilih yang gratis saja, terutama untuk para pemula yang baru bisa membuat situs web dan ingin mencoba menampilkan situs webnya di Internet lebih baik memilih alternatif ini. Saat ini banyak situs-situs yang menyediakan layanan hosting gratis dan sebagian besar penyedia jasa layanan tersebut berada di luar negeri.

Secara umum langkah-langkah untuk memperoleh layanan gratis tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Pilih penyedia layanan (lycos, express page ataupun yang lainnya).
2. Melakukan proses registrasi Seperti halnya Anda melakukan proses registrasi untuk mendapatkan email gratis (misalkan di yahoo, plasa, telkomnet dan lain sebagainya), untuk mendapatkan fasilitas hosting gratis pun demikian. Setelah proses registrasi selesai dilakukan, Anda akan mendapatkan sebuah account beserta password untuk login ke hosting server.
3.    Manfaatkan layanan yang tersedia, Kenali dan pahami terlebih dahulu fasilitas-fasilitas yang tersedia, pada umumnya tersedia file manager untuk mengatur data situs web kita, lalu ada semacam web template dimana Anda tidak perlu membuat situs web, hanya tinggal mengisi data dan mengatur menunya saja, dan fasilitas-fasilitas lainnya yang disediakan oleh masing-masing penyedia layanan.
Silahkan Anda mencoba-coba fasilitas hosting gratis yang banyak ditawarkan di Internet.
•Web Hosting Profesional
Sekarang kita akan membahas mengenai web hosting yang tidak gratis (komersial). “Mengapa sih kita perlu menyewa web hosting ? kenapa ngga pake yang gratisan aja ?”
Tentu itulah yang menjadi pertanyaan pada saat Anda ingin memiliki sebuah hosting untuk situs web Anda. Tentu Anda sekarang sudah mengerti setelah sebelumnya dijelaskan mengenai tabel perbandingan penyedia layanan web hosting server antara yang gratis dan tidak gratis, bisa kita rasakan perlunya akan sebuah web hosting yang profesional dan mampu memenuhi kebutuhan situs web kita. Sekarang tanyakan pada diri Anda, apakah Anda sudah cukup puas dengan layanan hosting gratis yang banyak bertebaran di Internet ?
Selama ini ada beberapa keluhan dari beberapa pengguna layanan hosting gratis di Internet seperti:
“ahh ga asik, ada banner-banner yang selalu nongol di setiap halaman web”
“repot nih ngga bisa nambah space, soalnya udah ngga cukup buat nyimpen data-data
webku…“
“kacau nih, kadang bisa diakses kadang ngga bisa sama sekali, kadang cepet kadang lambat
Dan beberapa keluhan lainnya dimana mereka tidak puas dengan layanan tersebut, apalagi bagi mereka yang ingin menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu di situs web mereka, yang tidak bisa dijalankan di hosting server yang gratisan.

Faktor yang harus Anda perhatikan ketika Anda ingin memilih sebuah web hosting adalah:
1.   Keamanan data
Anda harus bisa memilih penyedia layanan web hosting yang benar-benar bisamenjamin keamanan data situs web milik Anda. Tanyakan pada web hosting yang Anda pilih, apakah perusahaannya membuat backup secara teratur untuk data-data situs web yang dikelolanya.
2.    Fasilitas Web Hosting
Situs web Anda pasti mempunyai kebutuhan-kebutuhan seperti kapasitas space,
akses database dan lain sebagainya. Pastikan Anda memilih penyedia layanan web hosting yang mampu memenuhi kebutuhan situs web Anda.
3.    Customer Services
Pilihlah web hosting yang mempunyai pelayanan terbaik dari sisi customer care.
Adakah helpdesk/customer service yang siap membantu Anda bila sewaktu-waktu ada permasalahan?. Perlu diketahui bahwa tidak ada situs web yang tidak bermasalah, seperti contoh kasus dimana Anda tidak bisa meng-update isi, situs tidak bisa di akses, dan yang paling parah adalah situs Anda di hack orang. Jika salah satu contoh diatas terjadi, yang harus Anda lakukan adalah menghubungi bagian customer service.
4.    Kecepatan Akses
Hati-hati, banyak perusahaan yang menawarkan kecepatan akses dengan harga
murah! Lebih baik Anda memilih web hosting yang benar-benar telah teruji kecepatan aksesnya dan kehandalan servernya. Jangan mudah tergiur dengan murahnya harga!
Harus Anda ketahui, apakah web hosting tersebut bisa diakses dengan cepat baik dari dalam maupun luar negeri, dan Anda perlu ingat, siapakah target pengunjung situs web Anda. Bila lambat diakses dari dalam negeri sementara target pengunjung situs web Anda adalah orang indonesia, tentunya sia-sia Anda mempunyai situs web karena orang cenderung malas membukanya.


2.4 PERANCANGAN SITUS YANG AMAN YANG BERKAITAN DENGAN KODE HTML
Membuat website dengan microsoft word
Microsoft word umumnya digunakan sebagai word processor seperti menulis document, surat dll. Tapi selain itu microsoft word ini juga bisa digunakan untuk buat htm page. Tapi ini biasanya digunakan khusus untuk pemula saja. Caranya cukup pilih save as web page di menu utama. Membuat website dengan microsoft frontpage. Microsoft frontpage mempunyai fasilitas yang cukup baik untuk membuat web page. Aplikasi ini juga mudah digunakan baik untuk pemula apalagi untuk jagoan. Membuat website dengan dreamweaver. Dreamweaver adalah salah satu web page creator yang banyak diminati. Fasilitas nya cukup banyak. Bisa digunakan untuk membuat static dan dinamic web page.

Ini cara yang paling mudah memakai microsoft word untuk membuat website
1. Buka microsoft word
2. Lalu ketik apa saja untuk isi halaman tsb, misal begini
“Selamat datang di website pertamaku
Namaku adalah Il mio nome รจ”
3. Lalu simpan dengan Save as,
pada file name ketik dengan index
pada Save as type pilih yang : Web page (*.htm;*.html)
nama file nya akan menjadi index.htm
harus diberi nama index karena website umumnya menggunakan file
yang namanya index sebagai halaman depan
4. Sekarang untuk memasang file yang sudah anda buat tsb untuk online di internet
anda membutuhkan hosting gratisan, buka www.yahoo.com lalu login dengan id yahoo anda,
jika belum punya Sign up dulu (daftar)
setelah login pilih yahoo geocities, lalu ikuti instruksi untuk membuat hosting
gratis di yahoo geocities tsb.
Jika prosesnya sudah benar klik File manager, di File manager browse file index.htm
yang sudah anda buat, beri tanda cek list pada update extension lalu tekan tombol Upload
5. Jika langkah anda benar sekarang anda sudah selesai membuat website sederhana,
alamat website anda www.geocities.com/idyahooanda (sesuai dengan id yahoo anda)

•Informasi dalam Kode HTML
Contoh Kode Warna /Nama-nama warna HTML
Nomor VGA          Nama VGA Heksadesimal       Nama HTML
0      black           #000000     black
1        dark blue    #000080       navy
2       dark green #008000 green
3        cyan       #008080  teal
4      dark red      #800000     maroon
5     magenta      #800080             purple
6  brown         #808000               olive
7        light gray    #C0C0C0  silver
8     dark gray    #808080 gray

•Menggunakan SSI dalam kode HTML    
Pengertian tentang HTML
HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan bahasa standar untuk membuat suatu dokumen HTML (halaman web) yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan Web browser bagaimana untuk menampilkan halaman Web yang terdiri dari berbagai macam format file seperti teks, grafik, animasi, link maupun audio-video.
Sedangkan Web browser adalah sebuah progam yang dapat menterjemahkan kode perintah dari dokumen HTML tersebut sehingga dapat kita lihat, baca dan dengar. Contoh dari Web Browser adalah Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla Firefox, Opera, Safari dll.
HTML mempunyai file perluasan (extention) htm atau html. Dimana kedua perluasan tersebut adalah sama, jadi anda boleh menyimpan file dokumen HTML dengan extention ".htm" atau ".html".
Untuk mulai belajar HTML kita akan menggunakan Texs Editor, Notepad.


2.5 KODE  JAVA, JAVA SCRIPT, dan ACTIVEX 
Banyak web browser saat ini memiliki sejumlah celah keamanan. Software yang rentan terhadap format string dan serangan buffer overflow juga ditemukan pada http client (seperti Internet Explorer dan Netscape). Active Content seperti JavaScript, Java, ActiveX dan HTML itu sendiri dapat menjadi resiko keamanan yang serius.
a. Java
dibangun dengan model keamanan yang kuat menggunakan teknologi sandbox. Tapi bagian ketiga telah diimplementasi versinya sendiri yang dapat mengenal bug dan pelanggaran. Secara normal applet java tidak memiliki akses lokal, namun terkadang dapat didayagunakan jika memiliki akses lokal. Pengimplementasian mode ‘trust’ menjadikannya lebih mudah di hack.

b. JavaScript
dikenal sebagai penyebab utama celah keamanan pada web browser. Demikian pula dengan VBScript dan berbagai bahasa script yang lainnya. Fungsi-fungsi ini secara umum dijalankan dalam suatu lingkungan sandbox, yang dari waktu ke waktu para hacker menemukan celah baru untuk menghindari lingkungan sandbox dan mengeksekusi kode, membaca file-file yang sensitif dsb.

c. ActiveX
bahkan lebih berbahaya dibandingkan java yang jarang bekerja dari model ‘trust’ dan menjalankan kode aslinya. Model ‘trust’ terdiri dari salah satunya yang memungkinkan aplikasi ActiveX untuk menjalankan mesin client, atau tidak. Tidak seperti Java, model Active X tidak memiliki cara membatasi aplikasi, hanya beberapa fungsi. Sebagai tindak pencegahan komponen ActiveX secara umum harus ditandai secara digital. Tanda tersebut menyakinkan customer bahwa pembuat komponen ActiveX adalah sah namun tidak berarti bahwa komponen ActiveX aman untuk diinstall.


BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Persaingan bisnis yang makin ketat, dan semakin singkatnya siklus hidup produk dan jasa yang ditawarkan, serta semakin tingginya tuntutan konsumen terhadap produk dan jasa yang ditawarkan, maka perusahaan berusaha mencapai terobosan baru untuk mengantisipasi perubahaan. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi kini hampir semua aktivitas organisasi telah menggunakan aplikasi dan otomatisasi teknologi informasi dan cenderung mengarah pada upaya menggantikan sebagian aktivitas manajemen operasional dan manajemen tingkat menengah alat bantu seperti E-mail, Voice mail , Internet, Video Conferecing, Electronik, Telephone Celluler, dan berbagai teknologi informasi lainnya kini semakin banyak digunakan.
Dalam melakukan bisnis online perizinan pun  di gunaka perusahaan perorangan hukumnya tidak wajib untuk mendaftarkan usaha perdagangannya jika termasuk kriteria yg disebutkan dasar hukum yang ada.

Untuk mengamankan pembisnin online dalam kejahatan di dalam bisnis online ada tiga nama server berbasis data yang dapat di tembus ole hacker yaitu :
1.ISP Nameserver 
2.Root nameserver
3.Authoritative nameserver

Menegembangkan sistus web sendiri, adakala nya seorang pembisis online memperhatikan ini agar dapat membuat produk yang di jual bisa terlihat oleh pengguna media elektronik khususnya internet. Ada tiga cara mengembangkan situs web : 
1.Memilih Web Hosting Server
2.Web Hosting Gratis
3.Web Hosting Profesional.
Banyak web browser saat ini memiliki sejumlah celah keamanan. Software yang rentan terhadap format string dan serangan buffer overflow juga ditemukan pada http client (seperti Internet Explorer dan Netscape). Active Content seperti JavaScript, Java, ActiveX dan HTML itu sendiri dapat menjadi resiko keamanan yang serius.



DAFTAR PUSTAKA
http://cybermanado.blogspot.com
http://yunusbani.com/bisnis-online-perlu-ijin-usaha
http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt515c185a94ace/apakah-ireseller-i-dalam-bisnis-ionline-i-memerlukan-izin 
http://kelompokoxy.blogspot.co.id/2012/07/server-basis-data-yang-dapat-ditembus_6904.html
Previous
Next Post »
Orang bijak itu selalu meninggalkan jejak