Tantangan- tantangan dalam Bisnis

Berikut beberapa tantangan yang dihadapi dalam bisnis:
1. Tantangan produktivitas
    Dalam bisnis harus meningkatkan produktivitasnya, karena mereka akan menghadapi pasar luas yang makin berkembang. Usaha produktivitas ini dapat dilakukan dengan cara:
- Memperbaharui mesin-mesin dengan mesin modern, canggih, agar hasil produksinya tidak ketinggalan zaman dan efisien dalam melakukan produksi.
- Kembangkan kegiatan Research and Development. Sediakan dana untuk itu, agar bisa berkembang desain, mutu, dan pasar baru dari produk yang dihasilkan.
- Di negara maju banyak di coba pemakaian robot, untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan.
- Kembangkan manajemen personalia agar karyawan dapat dimotivasi dalam meningkatkan produksi dan moralnya lebih baik.
- Libatkan karyawan dalam pengambilan keputusan.

2. Tantangan kualitas
  Konsumen merasa tidak senang membeli produk yang cepat rusak dan seringkali diperbaiki. Konsumenpun tidak senang dengan perusahaan jasa yang tidak mau memperbaiki versinya.
   Perusahaan yang baik kadang-kadang menunjuk seorang Kepala Bagian atau seorang Wakil Direktur urusan kualitas. Meningkatkan mutu berarti membuat sesuatu menjadi lebih baik dan tingkat efisien pun menjadi lebih baik pula. Perbaikan kualitas ini tidak menyangkut produk saja, namun juga mencakup seluruh bagian dan tingkatan dalam kualitas.
3. Tantangan pasar global
   Persaingan global makin lama makin meningkat. Oleh sebab itu, produktivitas dan kualitas produk harus ditingkatkan agar dapat menghadapi persaingan global tersebut. Seperti Jepang yang memperlihatkan keunggulan dalam hal ini. Ini mungkin karena adanya kerja sama pemerintah yang men-support industri Jepang, sehingga memungkinkan Industri Jepang melakukan penetrasi pasar global, untuk semua produk unggulan Jepang seperti mobil, elektronik, film, TV dan sebagainya.
Dilihat dari aspek lain, tantangan bisnis datang dari:
1. The demographic and kultural Challenge
   Ini menyangkut pertambahan penduduk, dan struktur usia penduduk saat ini dan masa yang akan datang. Dunia bisnis harus memperhitungkan masalah in, harus dilakukan antisipasi secermat mungkin, terutama perusahaan yang produknya berhubungan langsung dengan gejala perubahan penduduk tersebut. Demikian pula halnya kebudayaan yang dianut generasi muda mulai berbeda dengan generasi tua. Ada kecenderungan anak muda sekarang, yang tidak ingin mengadopsi budaya nenek moyang mereka. Mereka terpengaruh oleh budaya global.
2. The Enviromental Challenge
   Tantangan lingkungan terutama menyangkut masalah polusi, air, udara, dan suara yang mempunyai efek terhadap penyakit. Begitu banyak dana terbuang untuk mencegah dan mengobati penyakit akibat polusi. Demikian pula karyawan perusahaan tidak masuk karena sakit, semua ini mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Ada kecenderungan perusahaan yang tidak menjaga kelestarian lingkungan tidak disenangi dan akan ditinggalkan oleh konsumennya.
3. The social responsibility and ethics Challenge
   Dunia bisnis dihadapkan pada tanggung jawabnya terhadap masyarakat. Pertama proses produksi harus selalu menjaga kelestarian lingkungan. Kemudian produk yang dihasilkan harus bermanfaat bagi konsumen, jangan sampai membahayakan konsumen. Pelaku bisnis harus pula menjaga etika, baik didalam perusahaan berhubungan dengan karyawan maupun diluar perusahaan yang berhubungan dengan konsumen, saingan, dan stakeholder lainnya.
4. The Technology Challenge
Teknologi adalah hasil perkembangan ilmu pengetahuan, yang membuat produksi makin lama makin canggih. Dunia bisnis mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan penelitian terhadap kemungkinan perkembangan teknologi baru, dan dampak sebuah teknologi baru terhadap teknologi yang ada sekarang ini. Contoh perkembangan teknologi yang sangat pesat, dijumpai pada alat telekomunikasi, sari telepon kabel, ke telepon tanpa kabel dan telepon genggam. Demikian pula dengan teknologi bidang percetakan serta fotocopy.


Sekian saja, semoga bermanfaat..
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
31 August 2017 at 01:21 ×

untuk tantangan teknologi banyak solusinya, tapi harus di pastiin juga kalo teknologi yang di pake bisa ngatasin 3 tantangan bisnis umum yang ada.

Congrats bro Arief Maulana you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Orang bijak itu selalu meninggalkan jejak