Ruang Lingkup Pemasaran

Di dalam berbagai literatur banyak sekali di bahas materi pemasaran, yang antara lain mencakup:
1). Fenomena kehidupan masyarakat dilihat dari segi kebutuhan serta keinginan yang beraneka ragam. Masyarakat ingin memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut dengan cara yang memuaskan, mereka perlu perusahaan yang memproduksi dan menyalurkan hasil hasil produksinya pada waktu, jumlah, mutu, dan harga yang tepat.
2). Lingkup yang mempengaruhi pemasaran, serta banyak definisi tentang manajemen pemasaran. Lingkungan yang mempengaruhi pemasaran adalah lingkungan demografi, lingkungan ekonomi, lingkungan alam, lingkungan teknologi, lingkungan politik/hukum dan lingkungan sosial budaya. Lingkungan demografi menganalisis pertumbuhan penduduk yang begitu cepat yang perlu di layani kebutuhannya yang bersifat terbatas, sedangkan alat yang tersedia, sumber daya alam, sangat terbatas, dan terancam akan habis karena tidak dapat diperbaharui. Lingkungan ekonomi menyangkut daya beli, pendapatan, harga, tabungan, utang, dan sebagainya. Lingkungan alam, mempertimbangkan keterbatasan persediaan luas tanah, hutan, hasil tambang, dan sebagainya. Lingkungan teknologi yang sangat cepat berubah, berkat kemajuan pemikiran manusia, alat produksi, alat komunikasi, transportasi berkembang sangat pesat. Teknologi muncul saling berhimpitan, alat yang baru dalam sekejap sudah menjadi usang, sehingga mematikan usaha. Kekuatan perusak kreatif ini muncul seperti mesin fotocopy yang mematikan kertas karbon, mobil mematikan kereta api, TV mematikan bioskop dan surat kabar, HP mengancam usaha telepon, pos giro, demikian pula kemajuan alat-alat elektronik lainnya. Lingkungan politik dan hukum ini, menyangkut keputusan yang di ambil oleh pihak DPR, Pemerintah, LSM terhadap segala sesuatu yang di larang, yang di anjurkan yang harus di lakukan oleh dunia bisnis. Dulu di berikan HPH pengolahan hutan, hutan Hadi gundul, sekarang di larang. Dulu di larang Pom bensin berada di tengah kota, sekarang boleh lagi dan sebagainya.
3). Membangun kepuasan pelanggan, melalui pada penekanan produk, pelayanan, dan memberikan nilai pelanggan yang superior.
4). Sistem informasi pasar, dalam menganalisa peluang pasar, mengambil keputusan pemasaran dengan menggunakan hasil riset pemasaran.
5). Menganalisa konsumen dan perilaku pembeli, memelihara langganan dan munculnya loyalitas pelanggan.
6). Menganalisa pesaing, dan strategi yang di lakukan oleh penguasa pasar: leader, follower, Challenger dan nicher. Leader adalah perusahaan dengan produk kuat menguasai pasar, Challenger pesaing penantang, yang sewaktu-waktu bisa menyerang leader, dan nicher adalah perusahaan yang berusaha mengisi relung-relung pasar yang belum diisi oleh perusahaan lain, misalnya nicher memberi layanan khusus kepada orang-orang istimewa dalam bentuk menjahit pakaian, butik dan sebagainya.
7). Pasar bisnis, atau bisnis marketing, artinya pemasaran barang industri, yaitu barang yang akan digunakan oleh perusahaan yang akan menghasilkan barang baru, misalnya pasaran bahan mentah untuk pabrik, atau spare-parts untuk pabrik mobil.
8). Para jasa, ini akan berkembang sejalan dengan kemajuan pendidikan dan pendapatan masyarakat. Banyak jasa yang di minta oleh konsumen misalnya, jasa pendidikan, sekolah, jasa kesehatan, perhotelan, rekreasi, pusat belanja, transportasi, perbankan, asuransi, komunikasi, dan sebagainya.
9). Product Development dengan segala kreativitas dalam mutu, desain, model, dan sebagainya.
10). PLC (Product Life Cycle) atau siklus hidup produk, bahwa produk memiliki daya hidup sekian lama, yang jika tidak diperbaharui, maka konsumen akan jenuh dengan produk tersebut, dan akibatnya produk tidak dapat dipasarkan lagi.
11). Usaha-usaha dalam lini produk, merek, dan pembungkus.
12). Kebijaksanaan penetapan harga.
13). Mengelola saluran pemasaran, atau channels of distribution, agen, grosir, toko eceran besar hypermarket, supermarket, mall, plaza, shopping center, trade center pemasaran langsung, internet, dan sebagainya.
14). Komunikasi pemasaran, personal selling, iklan, sales promotion, publikasi, marketing and public relation.
15. Pemasaran global, ekspor, impor dengan berbagai peraturan,njendals dan peluang, terbentuknya multy national corporation, aliansi strategis dari beberapa strategis dari beberapa perusahaan besar antar negara.
16). Berbagai strategi yang dikembangkan dalam pemasaran melalui marketing Mix, customer relationship management, marketing public relations, mega marketing turbo marketing, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat, Jangan lupa tinggalkan jejak, hehe
Previous
Next Post »
Orang bijak itu selalu meninggalkan jejak